Apa sih Manfaat Olahraga Saat Berpuasa?

Kegiatan apa yang Pioneers hindari saat berpuasa? Mungkin olahraga adalah salah satu jawabannya. Ya, olahraga saat berpuasa terdengar melelahkan. Jauhkan pikiran tersebut. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan tidak bergerak sama sekali. Olahraga tetap Pioneers butuhkan walaupun sedang berpuasa sekalipun. Nah apa untungnya berolahraga saat puasa dan bagaimana tipsnya? Yuk kita bahas di paragraf selanjutnya.

Banyak yang beranggapan kalau puasa akan menurunkan berat badan. Jangan salah, karena saat bulan puasa berat badan bahkan bisa melonjak naik. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik yang kurang serta berkaitan dengan menu buka puasa yang biasanya makanan manis dan tinggi kalori serta lemak. Adanya olahraga akan membakar cadangan lemak, glikogen—gula dalam otot—dan protein untuk diubah menjadi energi sehingga Pioneers tidak kelelahan saat berolahraga (walaupun berpuasa), terlebih lagi berat badan juga tidak meningkat. Problem lain ketika berpuasa, kita cenderung ingin bermalas-malasan dan banyak tidur. Nah tanpa melakukan aktivitas dan sedikit bergerak membuat tubuh akan semakin lemas dan kurang berstamina. Oleh karena itu olahraga tetap diperlukan saat berpuasa untuk menjaga kebugaran tubuh.

Namun, kegiatan berolahraga saat berpuasa harus tetap diperhatikan. Hal ini terkait adanya penurunan metabolisme tubuh secara alami karena asupan energi dan nutrisi yang terbatas. Intensitas, waktu, dan jenis olahraga perlu disesuaikan. Jangan terlalu memaksakan kemampuan dan kondisi tubuh untuk berolahraga karena dapat mengakibatkan tubuh menjadi kurang fit dan dapat timbul dehidrasi—kehilangan cairan—yang dapat mengakibatkan pingsan.

Olahraga yang kita lakukan saat berpuasa adalah olahraga yang ringan bukan olahraga yang berat atau memerlukan energi yang cukup banyak. Olahraga yang disarankan adalah jalan kaki, bersepeda, yoga, senam ringan, jogging, dan olahraga lainnya yang tidak mengeluarkan banyak keringat. Hindari latihan beban karena dapat menghasilkan glikogen yang dapat membuat tubuh menjadi lelah. Jangan lupa untuk menyesuaikan durasi dan frekuensi sesuai kemampuan tubuh.

Untuk waktunya sendiri dapat dilakukan 1-1,5 jam sebelum berbuka. Begitu selesai olahraga, cairan yang dikeluarkan saat olahraga dapat langsung tergantikan setelah berbuka puasa. Dapat juga dilakukan saat malam hari. Hindari olahraga saat menjelang tidur untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Olah raga juga dapat dilakukan 2 jam setelah berbuka atau setelah subuh. Carilah tempat yang sejuk saat berolahraga untuk menghindari pengeluaran keringat yang berlebih.

Nah, olahraga saat berpuasa sangat banyak manfaatnya bukan? Kami jamin, Pioneers akan mendapat manfaatnya jika melakukannya dengan benar. Sudah siap berolahraga hari ini? Keep healthy and happy fasting! [Tri]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *