BEGADANG MEMPERPENDEK USIA

Begadang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Bahkan terkadang begadang menjadi sebuah tuntutan atau kebutuhan. Banyak yang berpikiran bahwa efek buruk begadang hanya sekedar badan tidak fit pada keesokan harinya, mata berkantung, lebih cepat lelah, dan berbagai efek sepele lainnya. Namun taukah anda bahwa efek begadang tidak sesepele itu? Mari simak artikel berikut!

Para peneliti di Amerika Serikat menemukan suatu fakta mengejutkan yang menyatakan bahwa seseorang, khususnya seorang laki-laki dengan waktu tidur singkat atau menderita insomnia memiliki risiko 4x lebih tinggi mengalami kematian dini dibanding dengan orang yang memiliki jam tidur normal.

Penelitian ini dilakukan terhadap 1.000 wanita usia rata-rata 47 dalam kurun waktu 10 tahun dan 741 pria usia rata-rata 50 tahun dalam kurun waktu 14 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati hubungan antara durasi tidur dan kematian, disesuaikan pula dengan usia, ras, pendidikan, indeks massa tubuh, status merokok, konsumsi alkohol, depresi, dan gangguan pernapasan tidur, juga faktor penyakit seperti diabetes dan hipertensi. Selama penelitian, total 248 (14%) peserta meninggal: Terdiri dari 145 (21%) dari laki-laki dan 103 (5%) perempuan. Delapan persen (8%) dari perempuan dan empat persen (4%) laki-laki memiliki insomnia kronis dengan durasi tidur kurang dari enam jam. Namun hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kematian tersebut dan insomnia dengan durasi tidur pendek pada wanita. Wanita lebih mampu mengatasi masalah kurang tidur tanpa menurunkan harapan hidup mereka. Namun, para peneliti masih mencoba mencari penjelasan lebih detail mengapa insomnia lebih berbahaya bagi pria.

Selain picu kematian dini, waktu tidur yang kurang atau menderita insomnia dapat menyebabkan asupan konsumsi makanan berlemak meningkat, daya tahan tubuh berkurang, resiko terkena diabetes dan kanker tinggi, juga meningkatkan stress dan rasa gelisah. Melihat fakta-fakta tersebut, sudah selayaknya kita mengurangi kebiasaan begadang. Jangan pernah sepelekan efek buruk dari begadang. Manajemen waktu pada siang hari itu penting, agar begadang tidak terlalu menjadi tuntutan atau kebutuhan. Mari kita perhatikan kualitas dan kuantitas tidur kita mulai sekarang! (Yusi)

 

Sumber:
Ab, Solaeman, 2011. Awas begadang picu kematian dini.
http://becauseofyou99.wordpress.com/2011/07/26/awas-begadang-picu-kematian-dini/, diakses 22 Maret 2013.
Paddock, Catharine, 2010. Short Sleep And Chronic Insomnia Linked To Four-Fold Risk Of Early Death In Men, http://www.medicalnewstoday.com/articles/199839.php , diakses 22 Maret 2013.
Setiarini, Novi, 2011. Dampak Negatif dan Tips Menghilangkan Insomnia.
http://novisetiarini.blogspot.com/2011/03/dampak-negatif-dan-tips-mnghilangkan.html , diakses 22 Maret 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *