Bukan Sekedar Penghias Laut

Colorful red finger sponge and brown tube sponges on Belize reef

Indonesia merupakan negara yang didominasi oleh lautan. Sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia memiliki potensi sumber daya hasil laut yang luar biasa. Ekosistem terumbu karang merupakan rumah bagi berbagai macam biota laut seperti ikan, moluska, krustasea, sponge, algae dan biota laut lainnya.

Sponge merupakan salah satu biota laut yang terdapat di Indonesia. Komponen biota penyusun terumbu karang ini mempunyai potensi aktif yang belum banyak dimanfaatkan. Sponge adalah hewan yang termasuk dalam Filum Porifera. Sedangkan sponge yang hidup di laut merupakan Kelas calcarea dan memiliki sruktur yang paling sederhana.

Pemanfaatan biota laut selama ini masih sebatas dimanfaatkan dalam ranah makanan. Padahal, banyak manfaat lain yang perlu di eksplorasi. Salah satu manfaat sponge adalah sebagai antiokidan. Antioksidan berperan menangkal radikal bebas dari polusi yang dapa mengganggu kesehatan. Berdasarkan penelitian, sponge Callyspongia sp mempunyai aktivitas antioksidan.

Manfaat sponge yang tidak kalah penting yaitu sebagai penghasil senyawa sitotoksik. Seperti sponge kaliapsis yang memiliki senyawa aktif sitotoksik dan berhasil diisolasi. Hasilnya senyawa sitotoksik dari sponge kaliapsis potensial sebagai senyawa sitotoksik potensial untuk dikembangkan sebagai antikanker.

Pemeliharaan ekosistem laut sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup biota yang ada di dalamnya. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut sangat dibutuhkan mengingat manfaat biota laut yang luar biasa. Kita sebagai masyaraka umum seyogyanya ikut serta dalam pemeliharaan ekosistem laut dengan tidak mencemari perairan lautan. (Tia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *