Cantiknya Kulit Sehat

Tahukah Anda bahwa kulit sebagai organ terluas dari tubuh dapat memberikan gambaran tentang gaya hidup yang kita jalani? Kulit yang cantik, masih tampak segar, dan bebas kerutan pada usia senja misalnya, dapat menjadi pertanda bahwa sang pemilik kulit tersebut menjalani gaya hidup yang sehat.

Anda pun dapat menjaga kesehatan kulit dengan menerapkan gaya hidup sehat, antara lain dengan menghindari pejanan sinar matahari yang merusak kulit, tidak merokok, mengelola stress dengan baik, cukup istirahat, menjaga kebersihan, merawat kulit dengan kosmetik perawatan yang sesuai, dan teratur berolahraga. Selain itu, penting sekali bagi kita untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang kandungan dan jumlah gizinya tepat dapat berpengaruh baik terhadap kesehatan kulit kita.

Makanlah berbagai jenis makanan dalam porsi yang cukup, tidak berlebihan. Masing-masing makanan memiliki komposisi gizi yang unik dan tidak terdapat dalam makanan lain. Beraneka warna buah dan sayuran misalnya, menunjukkan kandungan antosianin, polifenol, flavonoid dan karotenoid yang masing-masing berfungsi sebagai antioksidan dengan mekanisme kerja yang berbeda-beda dan saling melengkapi. Antioksidan berfungsi untuk mencegah penuaan dini yang dapat memicu tanda-tanda penuaan seperti timbulnya kerutan dan warna kulit yang tidak merata. Sebisa mungkin, konsumsilah makanan mentah atau yang dimasak secara sederhana. Proses pengolahan makanan yang lama dan rumit umumnya menghilangkan kandungan gizi makanan tersebut.

Untuk kesehatan kulit yang prima dan bebas dari berbagai masalah kulit, pastikan makanan yang Anda konsumsi cukup mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, asam lemak tidak jenuh, seng dan selenium. Makanan-makanan yang baik untuk kesehatan kulit misalnya kacang-kacangan, sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, jamur; buah-buahan seperti semangka, melon, dan jeruk; serta ubi jalar, beras merah, tepung gandum. Kekurangan zat-zat gizi tersebut dapat memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan tanda-tanda penuaan dini.

Selain mengkonsumsi makanan yang tepat, jangan lupa untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas sehari. Anda akan terhindar dari dehidrasi sehingga kulit akan terasa lembab dan tampak bercahaya. Air juga berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dari tubuh sehingga tubuh tetap sehat. Ingat, kesehatan kulit mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jadi, tunggu apalagi, segera terapkan gaya hidup sehat. Kulit tampak cantik dan sehat, tubuh sehat juga didapat (Amalia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *