Insomnia, Buatmu Tak Bahagia

Anda pernah merasakan susah tidur? Hampir semua orang pernah mengalami hal itu. Masalah sulit tidur ini disebut insomnia. Insomnia lebih sering dialami oleh wanita, orang yang sedang sakit, orang lanjut usia, perokok dan pecandu alkohol. Namun tidak jarang insomnia terjadi pada remaja. Ketika seseorang tidak sedang sakit ataupun dalam tekanan, insomnia bisa sangat mengganggu.

Ada beberapa tanda insomnia yang bisa dikenali, antara lain merasa lelah sepanjang hari, sering pusing, sulit untuk  berkonsentrasi, tidak segar setelah bangun, dan sering bangun di malam hari. Biasanya seseorang yang mengalami insomnia hanya dapat tidur dengan minum obat. Banyak penyebab yang membuat seseorang susah tidur atau insomnia, namun terkadang penyebab insomnia tidak jelas. Tetapi insomnia bisa terjadi karena pikiran yang cemas dan takut, sakit, atau konsumsi kafein dan obat-obatan.

Jangan khawatir, penyebab insomnia dapat kita atasi sendiri tanpa bantuan dokter, perawat, atau bahkan psikolog walau terkadang kita butuh bantuan mereka. Insomnia dapat diatasi dengan merubah gaya hidup untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Membuat tempat tidur menjadi  tempat yang nyaman untuk beristirahat bisa membuat seseorang mudah tidur. Banyak orang yang insomnia memikirkan dirinya sulit untuk tidur hingga akhirnya mereka benar-benar sulit tidur. Lebih baik menghentikan segala pemicu insomnia seperti kopi, alkohol, minuman bersoda, cemilan, dan obat pelangsing. Dan yang paling penting adalah membuat diri merasa santai dan tenang serta mengatasi hal-hal yang menyebabkan stress.

Nah, sudah tahu kan penyebab dan cara mengatasi insomnia? Yuk kita perbaiki tidur kita untuk hidup lebih bahagia. Hindari penyebabkan, atasi masalahnya!

 

Sumber:
University of Cambridge, 2014. ”Insomnia”.http://www.counselling.cam.ac.uk/selfhelp/leaflets/insomnia. Diakses pada 12 Mei 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *