Obat Kumur Berlebih Tekanan Darah Naik

Obat kumur sekarang ini sudah banyak beredar di pasaran. Obat kumur merupakan larutan atau cairan yang digunakan untuk membilas rongga mulut dengan berbagai tujuan, sebagai contoh untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau tak sedap dari mulut. Gargarisma, Listerin, Betadine gargle, dan Oral-B merupakan contoh produk dagang dari obat kumur.

Obat kumur sendiri terbuat dari bermacam-macam bahan dan ada pula yang menggunakan pelarut alcohol. Penggunaan pelarut alcohol berfungsi sebagai antiseptic. Alkohol juga dapat memperpanjang masa simpan dari obat kumur dan mencegah pencemaran dari mikroorganisme. Akan tetapi penggunaan obat kumur sebagai antiseptic harus diperhatikan karena berdasarkan studi terbaru penggunaan obat kumur antiseptic dua kali sehari dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah ini juga bisa meningkatkan resiko serangan jantung.

Peningkatan tekanan darah terutama terjadi pada obat kumur yang mengandung chlorhexidine yang merupakan antiseptic untuk gangguan gusi dan gangguan rongga mulut lainnya. Peningkatan tekanan darah ini disebabkan karena tidak seimbangnya jumlah bakteri baik yang berperan pada rongga mulut yang berperan pada pengaturan tekanan darah.

Oleh karena itu, sebaiknya Pioneers tidak mengganti peran pasta gigi dengan obat kumur atau pencuci mulut setiap harinya. Selalu konsultasikan masalah rongga mulut Pioners dengan dokter gigi serta gunakanlah obat kumur atau pencuci mulut sesuai dengan saran dari dokter gigi.

 

Sumber:
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0891584912018229?np=y
http://www.medicaldaily.com/antiseptic-mouthwash-raises-heart-attack-risk-blood-pressure-chlorhexidine-kills-good-bacteria-helps
http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/02/bahayanya-menggunakan-obat-kumur-2-kali-sehari
http://www.express.co.uk/life-style/health/456270/Mouthwash-users-risk-a-heart-attack

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *