Jangan biarkan Pioneers termasuk dari sekian banyak orang yang terkena penyakit jantung. Maka jagalah jantung Anda sebelum terjadi gangguan pada jantung. Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung? Tahukah Pioneers, olahraga yang sangat sederhana dapat mencegah penyakit jantung. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan melakukannya dan menganggapnya hal yang sepele. Olahraga yang dimaksud adalah jogging.

Jogging adalah bentuk olahraga berlari atau berjalan pada keadaan lambat atau santai yang bertujuan unutk meningkatkan kebugaran. Dr George Sheehan mendefinisikan jogging sebagai kegiatan berjalan lebih lambat dari kecepatan 6 mph (10 menit per mil) atau dengan kata lain dapat dilakukan dengan berjalan atau berlari-lari kecil. Jogging adalah olahraga yang mudah dilakukan, murah bahkan gratis sehingga bisa dilakukan siapa saja. Asalkan dilaksanakan dengan baik dan benar, tentu akan memberikan hasil yang baik bagi kesehatan tubuh.

Peneliti menemukan bahwa seseorang tidak perlu mencoba latihan ekstrem untuk bisa hidup sehat. Jogging dengan kecepatan lambat atau rata-rata untuk satu atau dua jam bisa meningkatkan harapan hidup pria 6,2 tahun dan wanita 5,6 tahun, serta mengurangi risiko kematian sebesar 44 persen, seperti dilansir Dailymail. Peneliti percaya jogging memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan fungsi jantung. Mulailah menerapkan kebiasaan baik dari hal yang kecil untuk mendapatkan manfaat yang besar. Jika Pioneers tidak memiliki waktu luang, cobalah untuk berjalan beberapa menit saja sebelum maupun seusai melakukan aktivitas keseharian. [Santi N]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *