PharmaDays 2014

Pharmadays merupakan serangkaian kegiatan dalam bentuk seminar dan ajang kompetisi yang berlangsung selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 15-16 November 2014. Pemilihan tema pada seminar yaitu “Mengupas Peran Praktisi Kesehatan dalam Penggunaan Obat Off Label di Indonesia”, karena satu macam obat dapat memiliki lebih dari satu macam indikasi atau tujuan penggunaan obat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat serta para praktisi kesehatan termasuk apoteker lebih mengetahui akibat-akibat dari penggunaan obat off labeldan mengetahui penting atau tidaknya penggunaan obat off label.

Seminar ini menghadirkan Drs. A. Haditomo, M.S., Apt., Anggota Dewan Kehormatan Ikatan Apoteker Indonesia, sebagai keynote speaker, beliau menyampaikan materi mengenai penggunaan obat off-label dalam pelayanan farmasi. Pembicara pada sesi pertama yaitu dr. Probo Suseno, Sp.PD., K-GER, praktisi kesehatan RSUP dr. Sardjito, yang menyampaikan materi mengenai manfaat dan risiko peresepan obat off-label dari aspek  klinis. Kemudian, Pembicara pada sesi kedua yaitu Prof. Zullies Ikawati, Ph.D., Apt., Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik UGM, yang menyampaikan materi mengenai peran dan tanggung jawab dalam penyampaian informasi obat off-label. Dan sebagai moderator yaitu  Bapak M. Rifqi Rokhman., M.Sc., Apt., Akademisi Fakultas Farmasi UGM. Seminar berjalan sukses dengan diikuti lebih dari 350 peserta yang berasal dari berbagai universitas, apotek, IAI, rumah sakit, dan puskesmas.

Seminar PharmaDays

Seminar PharmaDays 2014

 

Kompetisi kefarmasian pharmadays 2014 memperebutkan thropy Sultan Hamengkubuwono X dan total uang pembinaan Rp 12.000.000,00 untuk tingkat mahasiswa serta thropy Rektor UGM dan total uang pembinaan Rp 6.500.000,00 untuk tingkat SMA/SMK/sederajat. Lomba tingkat mahasiswa diikuti 32 peserta dari 12 universitas. Sedangkan, lomba tingkat SMA/SMK/sederajat diikuti oleh 9 peserta.

Kompetisi kefarmasian tingkat mahasiswa memiliki keunikan dibanding lomba serupa lainnya, kompetisi ini menggabungkan lomba cerdas cermat dan juga konseling dengan 3 kondisi berbeda (penyampaian informasi kepada dokter, pemilihan obat bebas, dan pelayanan resep). Soal yang dikeluarkan juga merupakan soal pilihan dari dosen-dosen berbagai Universitas dalam dan luar DIY. Pada tingkat SMA/SMK/sederajat konten kompetisi seputar ilmu pengetahuan alam dan ilmu kefarmasian, sehingga diharapkan kompetisi ini dapat meningkatkan keinginan pelajar untuk melanjutkan studi di fakultas farmasi.

Semi Final

Semi Final Kompetisi PharmaDays 2014 tingkat Mahasiswa

 

SMA Sederajat

Semi Final Kompetisi PharmaDays 2014 tingkat SMA/SMK/MAN

 

Kompetisi tingkat SMA/SMK/sederajat dimenangkan oleh SMA N 1 Trenggalek sebagai juara pertama, SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School sebagai juara kedua, dan SMAN 5 Yogyakarta sebagai juara ketiga. Sedangkan, kompetisi kefarmasian tingkat mahasiswa dimenangkan oleh Universitas Airlangga sebagai juara pertama, Institut Teknologi Bandung sebagai juara kedua, dan Universitas Gadjah Mada sebagai juara ketiga.

Prof. Zullies Ikawati, Ph.D., Apt. menutup rangkaian acara tersebut sembari memberikan pesan terhadap semua peserta agar dapat terus mengasah kemampuan di bidang keilmuannya sehingga bisa mengaplikasikannya pada masyarakat, karena apoteker nantinya merupakan salah satu sumber informasi kesehatan di masyarakat. Acara ditutup dengan foto bersama para pemenang didampingi oleh Wakil Dekan II Fakultas Farmasi UGM, ketua PIOGAMA, dan ketua panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *