RAMBUT RONTOK BUKAN MASALAH SEPELE

Rambut rontok merupakan permasalahan rambut yang paling banyak dialami oleh kebanyakan orang. Penyebab rambut rontok bermacam-macam, antara lain sering mengubah gaya rambut, penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, meluruskan,dan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen yang digunakan secara berlebihan, faktor keturunan, hormon, stres, dan penyakit.

Para peneliti di sebuah universitas di Finlandia membandingkan para pria yang tetap memiliki rambut di usia pertengahan dan para pria yang sudah mengalami kebotakan sebelum usia 30 tahun. Mereka menemukan bahwa para pria yang kehilangan sebagian rambutnya itu memiliki indikasi berisiko mengalami resistensi terhadap insulin yang cukup signifikan.Resistensi insulin itu berkaitan erat dengan beberapa penyakit, seperti hipertensi, atherosclerosis, penyakit pelebaran pembuluh darah, kegemukan, dan diabetes. Oleh karena itu, rambut rontok bukanlah suatu masalah yang dapat dianggap sepele.

Rambut rontok dapat dihindari dengan cara menjaga berat badan, berolahraga, menghindari merokok, dan mengonsumsi makanan segar yang sehat. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Dermatologymenunjukkan bahwa selain menyebabkan kanker dan penyakit jantung, merokok juga dapat membuat rambut rontok. Diperkirakan bahwa selain menyebabkan kerusakan pembuluh darah perifer dalam tubuh, merokok juga bisa merusak suplai darah ke folikel rambut. Hal ini akan mempengaruhi folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Lidah buaya, daun seledri, bawang putih, bawang merah, dan jahe merupakan beberapa tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Lidah Buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut dan menjaga agar kulit kepala tetap sehat. Untuk mengatasi rambut rontok dengan kulit buaya, caranya cukup mudah, hanya perlu menyediakan beberapa helai daun lidah buaya, kemudian ambil lendir yang ada didalam daun lidah buaya tersebut dan dijadikan sebagai pengganti sampo disetiap kali hendak keramas / mandi. Dengan cara yang hampir sama pula, daun seledri dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Daun seledri mengandung zat besi, kalsium, vitamin A, natrium, dan vitamin B yang dapat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, lebih kuat dan lebih berkilau. Bawang putih, bawang merah, dan jahe dapat dijus kemudian diolesi pada rambut hingga merata, kemudian didiamkan semalaman (selama tidur) dan dibilas ketika bangun tidur dipagi hari dengan menggunakan sampo, agar baunya hilang. Bawang kaya akan sulfur, yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut, sedangkan jahe mengandung senyawa keto yang disebut Zingeron yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan seperti flu, sariawan, dan juga mengatasi rambut rontok.

Nah, rambut rontok bukanlah sekedar masalah yang sepele Pioneers! Namun tak usah panik, dengan gaya hidup sehat dan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang telah disebutkan, rambut rontok dapat diatasi. Selamat mencoba! (Yusi)

 

Sumber:
http://inkesehatan.blogspot.com/2013/11/5-tips-cara-mengatasi-rambut-rontok.html
http://www.likethisya.com/penyebab-rambut-rontok.html
http://doktersehat.com/rambut-rontok-karena-sirkulasi-darah-terganggu/
http://www.dnaberita.com/berita-90114–mengatasi-rambut-rontok-menggunakan-jahe.html.html

One Comment

  1. Artikel yang bagus. memang kembali kepada yang alami lebih sehat aman dan tnpa efek samping. dan untuk rambut mungkin bisa pake minyak kemiri bagus juga lho. terimakasih artikelnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *