Scaling, Pembersih yang Diabaikan

Jaman terus berkembang dan gaya hidup pun mulai berubah, itulah yang terjadi pada masa ini. Urusan A sampai Z pun kini telah ada solusinya, termasuk karang gigi.

Karang gigi, atau yang biasa disebut kalkulus, adalah tumpukan plak yang telah termineralisasi kemudian menempel dan mengeras pada gigi. Biasanya gigi memiliki kemampuan untuk membersihkan diri melalui saliva, tetapi pada gigi yang sudah terbentuk karang kemampuan ini menurun sehingga dibutuhkan perawatan tambahan untuk membersihkan gigi.

Lalu, bagaimana cara mengusir karang gigi ini? Yap! Dengan scaling. Scaling, atau yang dikenal dengan pembersihan karang gigi, masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Selain untuk membersihkan karang gigi, scaling juga dapat mencegah gigi dari karies (pengeroposan gigi), membersihkan partikel makanan, mencegah perubahan warna gigi, dan menghindari Gingivitis (gusi membengkak dan memerah akibat dari partikel makanan yang tidak dibersihkan yang berubah menjadi karang gigi ketika bercampur dengan air liur).

Scaling gigi ini memiliki banyak manfaat, namun masih terdapat orang yang enggan untuk melakukannya. Bukan karena alasan kocek atau tidak tahu, tapi kebanyakan orang merasa telah menjaga kebersihan gigi dan mulut hanya dengan menggosok gigi secara rutin. Padahal kalkulus ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggosok gigi, melainkan perlu perawatan khusus (scaling) dari dokter.  Ingat ya Pionners, menjaga kesehatan gigi pun sangat penting karena kesehatan gigi merupakan bagian dari kesehatan umum kita. Tunggu apa lagi? Yuk scalling! (Kiki).

http://www.klikdokter.com/tanyadokter/gigi-mulut/ngilu-pasca-scaling-gigi
http://beauty.grivy.com/h/i/87728943-5-manfaat-scaling-gigi
http://rawatgigiku.co.id/manfaat-scaling-gigi/
http://www.revasi.com/diary/scaling-hilangkan-karang-gigi/

2 Comments

  1. saya sendiri masih kuran paham tentang scaling. apakah penggunaannya tidak berbahaya bagi kesehatan. dan apabila kita menggunnakannya secara terus menerus apakah efek samping yang akan di timbulkan..

  2. artikelnya mudah di pahami dan membantu orang banyak,thanks penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *