Seminar Nasional Pharmadays 2016

1473682790258

SEMINAR NASIONAL

“Spesialisasi Apoteker untuk Mencetak Apoteker yang Kompeten di Era MEA”

PUSAT INFORMASI OBAT GADJAH MADA (PIOGAMA)

FAKULTAS FARMASI, UNIVERSITAS GADJAH MADA

 

Keynote speaker​          : DrWidyati, M. Clin. Pharm., Apt. (Ketua Subkolegium Farmasi Klinik Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia)

Materi                          : Gambaran umum spesialisasi apoteker, kendala, kompetensi yang harus dimiliki serta perbedaan peran apoteker secara umum dan yang telah terspesialisasi.

Sesi I

Pembicara                    : dr. I Dewa Putu Pramantara S., Sp.PD., K-Ger.

Materi                          : Urgensi spesialisasi apoteker bagi dunia kesehatan Indonesia dilihat dari perspektif Dokter.

Sesi II

Pembicara                    : Prof. Daryono Hadi Tjahjono, MSc, Apt. (Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia)

Materi                          : Persiapan kurikulum Fakultas Farmasi di Indonesia untuk menghadapi Spesialisasi Apoteker di Era MEA.

Moderator                   : Bondan Ardiningtyas, M.Sc., Apt. (Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada)

 

 

Latar Belakang

Spesialisasi Apoteker adalah sebuah usaha untuk mengkhususkan keterampilan apoteker agar nantinya apoteker dapat secara ahli dan kompeten dalam satu bidang yang lebih sempit. Pada dasarnya spesialisasi apoteker ini sama seperti spesialisasi yang telah kita kenal di bidang kedokteran. Yaitu spesialisasi bidang ilmu yang dirasa perlu untuk apoteker belajar lebih lanjut mengenai bidang tersebut dengan mempertimbangkan kekhasan dari bidang atau penyakit tersebut.

Jika kita ingin berkaca, saat ini Negara Singapura dan Amerika Serikat telah lebih dahulu menerapkan spesialisasi apoteker ini. Di Amerika Serikat setidaknya dikenal ada 8 jenis apoteker spesialis (ambulatory care, critical care, nuclear pharmacy, nutrition support pharmacy, oncology, pediatric, pharmacotherapy dan psychiatric pharmacy), sedangkan di Singapura dikenal 5 apoteker spesialis yaitu advanced pharmacotherapy (dengan spesialisasi di bidang infeksi, geriatri, kardiologi dan psikiatri) dan apoteker spesialis onkologi.

Terlebih lagi di tahun ini Masyarakat Ekonomi Asean diberlakukan secara resmi. Diisukan bidang tenaga medis merupakan bidang yang memiliki daya saing yang sangat tinggi untuk Masyarakat Ekonomi Asean. Maka dari itu dirasa perlu untuk menerapkan spesialisasi apoteker di Indonesia agar nantinya memiliki kompetensi yang mumpuni sehingga mampu bersaing dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat ASEAN.

Melihat urgensi dari spesialisasi apoteker ini, PIOGAMA (Pusat Informasi Obat Gadjah Mada) sebagai suatu kelompok studi yang bergerak di bidang pemberian informasi obat ke masyarakat, bermaksud menyelenggarakan Seminar Nasional Kefarmasian PHARMADAYS 2016,  bertemakan “Spesialisasi Apoteker untuk Mencetak Apoteker yang Kompeten di Era MEA”. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai spesialisasi apoteker khususnya untuk mahasiswa farmasi, praktisi kefarmasian, dan masyarakat pada umumnya.

 

Tujuan

  1. Memperoleh gambaran spesialisasi apoteker serta peran apoteker di negara-negara yang telah mengaplikasikan sistem spesialisasi apoteker.
  2. Mengetahui perbedaan peran apoteker secara umum dengan apoteker yang telah terspesialisasi.
  3. Mengetahui peran apoteker di klinik/ rumah sakit/ puskesmas dan dampak bagi pelayanan kesehatan jika ada spesialisasi apoteker.
  4. Mengetahui kompetensi yang harapannya dimiliki oleh apoteker spesialis sehingga dapat berperan aktif dalam pelayanan kesehatan.
  5. Mengetahui bagaimana aplikasi pelayanan oleh apoteker yang telah terspesialisasi.
  6. Mengetahui manfaat spesialisasi apoteker yang telah diterapkan dalam pelayanan kesehatan.
  7. Mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan spesialisasi apoteker.

Kontak Panitia Pelaksana untuk info seminar lebih lanjut: 081328827752 (Dea)

 

Pendaftaran Seminar dan Kompetisi Nasional Pharmadays 2016 -> KLIK DISINI

2 Comments

  1. acara yang menarik, ditunggu selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *