Seminar Nasional Pharmadays 2015

Latar Belakang

Interprofessional education atau yang biasa disingkat dengan IPE adalah sebuah inovasi yang sedang dieksplorasi dalam dunia pendidikan profesi kesehatan.  interprofessional education merupakan suatu proses di mana sekelompok mahasiswa atau profesi kesehatan yang memiliki perbedaan latar belakang profesi melakukan pembelajaran bersama dalam periode tertentu, berinteraksi sebagai tujuan yang utama, serta untuk berkolaborasi dalam upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan jenis pelayanan kesehatan yang lain.

Melalui Interprofessional education(IPE) diharapkan berbagai profesi kesehatan dapat menumbuhkan kemampuan antarprofesi, dapat merancang hasil dalam pembelajaran yang memberikan kemampuan berkolaborasi, meningkatkan praktik pada masing-masing profesi dengan mengaktifkan setiap profesi untuk meningkatkan praktik agar dapat saling melengkapi, membentuk suatu aksi secara bersama untuk meningkatkan pelayanan dan memicu perubahan; menerapkan analisis kritis untuk berlatih kolaboratif, meningkatkan hasil untuk individu, keluarga, dan masyarakat; menanggapi sepenuhnya untuk kebutuhan mereka, mahasiswa dapat berbagi pengalaman dan berkontribusi untuk kemajuan dan saling pengertian dalam belajar antarprofesi dalam menanggapi pertanyaan, di konferensi dan melalui literatur profesional dan antarprofesi.

WHO mengakui kolaborasi antar profesi dalam pendidikan dan praktek sebagai suatu strategi inovatif yang akan memainkan peran penting dalam mengurangi krisis tenaga kerja kesehatan global. Praktik kolaborasi memperkuat sistem kesehatan dan memperbaiki hasil kesehatan.

Aplikasi interprofessional education (IPE) khususnya di Indonesia masih belum tersebar luas. Melihat permasalahan tersebut, PIOGAMA (Pusat Informasi Obat Gadjah Mada) sebagai suatu kelompok studi yang bergerak di bidang pemberian informasi obat ke masyarakat, mengadakan suatu kegiatan dalam bentuk seminar dan ajang kompetisi dalam skala nasional dengan tema INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) : Pendekatan Kolaboratif dalam Meningkatkan Kesehatan di Indonesia Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai interprofessional education (IPE) khususnya untuk mahasisiwa kesehatan, serta praktisi kesehatan pada umumnya . Di samping itu diharapkan dengan pengetahuan mengenai interprofessional education (IPE) ini tidak bisa terjalin suatu kolaborasi antarprofesi kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kepada pasien / masyarakat.

 

Tujuan

  • Mendapatkan gambaran mengenai interprofessional education (IPE)
  • Mengetahui manfaat interprofessional education (IPE) yang diaplikasikan dalam bentuk kolaborasi antarprofesi kesehatan
  • Mengetahui masalah-masalah yang menghalangi pelaksanaan interprofessional education (IPE)
  • Mengetahui masalah-masalah yang ada dalam pelaksanaan interprofessional education (IPE)
  • Menumbuhkan pola pikir mengenai kerja sama antar profesional kesehatan khususnya bagi mahasiswa kesehatan.
  • Mengetahui batas-batas kewenangan setiap profesi kesehatan.
  • Mengetahui solusi untuk mengatasi masalah-masalah dan penghalang dalam pelaksanaan interprofessional education (IPE).

 

 

 

Pendaftaran Seminar Nasional Pharmadays 2015 —> KLIK DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *