Waspada Osteoporosis Dini

Pioneers pasti pernah mendengar osteoporosis. Sebenarnya apa sih osteoporosis itu? Yuk kita simak penjelasan berikut!

Osteoporosis merupakan penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang sehingga tulang menjadi lebih mudah rapuh dan patah. Umumnya osteoporosis menyerang pada usia di atas 40 tahun, namun kini pada usia 30 tahun pun tetap dapat terkena penyakit tulang ini. Itulah yang disebut dengan osteoporosis dini.

Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena osteoporosis dini, Pioneers. Nah, faktor-faktor tersebut seperti gaya hidup yang buruk, kurangnya asupan kalsium dan vitamin D, konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, berat badan yang dibawah rata-rata normal, serta tubuh yang kurang berolahraga. Untuk wanita, level hormon estrogen yang rendah pun menjadi faktor pemicu timbulnya osteoporosis.

Terdapat beberapa tips untuk mencegah osteoporosis salah satunya dengan mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Sumber kalsium yang baik dapat diperoleh dari produk susu rendah lemak, salmon serta produk kedelai seperti tempe dan tofu. Untuk sumber vitamin D yang paling baik adalah sinar matahari pagi. Maka penuhilah kebutuhan vitamin D setiap hari dengan ‘membiarkan’ tubuh terkena sinar matahari cukup beberapa menit saja di pagi hari. Tapi jangan keluar pada siang hari ya Pioneers karena sinar matahari sudah terlalu terik dan justru akan menyebabkan kerusakan bagi kulit. Jangan lupa juga untuk berolahraga yang teratur, seperti bersepeda dan berjalan kaki, karena dengan berolahraga dapat membuat tulang lebih kuat. Bagi peminum alkohol, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi alkohol. Untuk perokok, berhentilah merokok agar terhindar dari ancaman osteoporosis.

Osteoporosis adalah penyakit yang diam ; penderita mungkin tak tahu sudah terserang osteoporosis sampai tulang menjadi sangat rapuh sehingga ia mudah jatuh dan tulang mudah patah. Oleh karena itu, jika mengalami nyeri tulang maka segeralah lakukan pemeriksaan medis sebab kesehatan tulang tak bisa dilihat kasatmata kecuali dengan pemeriksaan rontgen.

Tunggu apalagi? Pioneers tak mau kan mengalami osteoporosis di usia muda? Mari segera ubah pola hidup dan kebiasaan agar tidak terkena osteoporosis dini! (Cica).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *