Vitamin E atau tocopherols merupakan salah satu vitamin larut lemak yang popularitasnya cukup tinggi. Efek vitamin E terhadap kulit sudah banyak dikaji berikut dengan klaim khasiatnya. Dari jurnal ilmiah terdapat beragam kesimpulan, di antaranya menyatakan bahwa kombinasi vitamin E dan C dapat menurunkan risiko kerusakan kulit karena paparan sinar UV.

Khasiat antioksidan vitamin E diketahui dari hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa konsentrasi vitamin E yang rendah dalam plasma darah berkorelasi dengan peningkatan pecahnya sel darah merah (hemolisis) oleh agen pengoksidasi (radikal bebas). Dengan demikian, sebenarnya vitamin E tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga dapat mencegah kerusakan sel lainnya akibat serangan radikal bebas.

Seperti vitamin-vitamin lainnya yang juga tergolong dalam mikronutrisi, vitamin E hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil pada kondisi normal. Oleh karena itu, dengan asupan makanan sehat sehari-hari pun kebutuhan vitamin E ini sudah terpenuhi. Bijaklah dalam memilih dan memutuskan, karena kitalah yang paling mengerti kebutuhan sehat untuk tubuh kita. [Rina]


2 Comments

Diet · 17 March 2015 at 1:46 pm

Kalau konsumsi kapsul atau obat vitamin E boleh ngga ?

Diet · 17 March 2015 at 1:48 pm

Kalau mengkonsumsi vitamin berupa obat atau kapsul berhaya atau tidak? Adakah aturannya? Makasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *