Bukan Lelah Biasa

Apakah Anda pernah merasakan lelah? Atau selalu merasakan rasa lelah yang berlebih? Semua orang pasti pernah merasa lelah. Bahkan terkadang ada beberapa orang yang mengalami rasa lelah yang berlebihan yang membuat mereka selalu ingin berbaring tidur. Lalu apa sih penyebab dari rasa lelah yang berlebih itu?

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan rasa lelah, sebagai contoh adalah penyakit rheumatic dimana penderita akan merasakan nyeri di kaki atau tangan dan mengeluhkan gejala seperti kelelahan. Atau pada penderita kanker , mereka akan merasa kelelahan setelah melakukan pengobatan dan terapi. Ada juga beberapa persoalan dan perawatan medis yang menimbulkan efek rasa lelah yaitu mengonsumsi obat tertentu seperti antidepresan dan antiheksamin; melakukan khemoterapi atau radiasi; dan pemulihan setelah operasi. Selain masalah medis ada beberapa kebiasaan yang dapat menimbulkan rasa lelah yaitu waktu tidur malam yang terlambat ataupun bangun kesiangan,mengonsumsi banyak kafein, serta kurangnya konsumsi makanan bergizi yang membuat kita kekurangan energi. Suasana bosan juga bisa membuat kita merasa lelah. Penelitian menyebutkan bahwa kegiatan sosial dan aktivitas yang kita nikmati dapat membuat kesehatan kita terjaga. Rasa lelah yang berlebihan dapat mempengaruhi emosi kita. Kita akan cenderung mudah marah, cemas, stress, dan depresi.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi resiko kelelahan yang berlebih? Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan yaitu :

    Berolahraga teratur. Dengan berolahraga dapat meningkatkan energi dan kekuatan fisik kita.

    Menghindari tidur siang terlalu lama, tidur siang terlalu lama akan membuat kita susah tidur di malam hari.

    Tidak merokok, merokok dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker dan jantung yang membuat energi kita berkurang.

    Buatlah semacam catatan harian yang dapat membuat kita menentukan hari-hari tertentu yang membuat kita merasa lelah.

    Menjaga pola makan yang sehat.

Jika rasa lelah yang berlebih kita alami selama lebih dari satu minggu kita harus menanyakan hal tersebut pada ahli medis untuk diperiksa lebih lanjut. Ada sebuah sindrom kelelahan yaitu Chronic Fatigue Syndrome(CFS) dimana suatu kondisi kelelahan terasa sampai 6 bulan atau lebih dan tidak berhubungan dengan penyakit tertentu. Gejala CFS meliputi nyeri otot, masalah ingatan, dan pusing. Hal ini biasa dialami oleh umur paruh baya dan umumnya dialami wanita. CFS berbeda dari masalah kelelahan saat seseorang menua. (Sari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *